Mengenal apa itu Rustic Wood : Definisi rustic, mengenal rustic, furniture rustic, ciri khas rustic

rustic wood, furniture rustic

Dari banyaknya model furniture yang ada seperti modern, minimalis, vintage, retro dan lain-lain, salah satunya adalah gaya rustic wood yang kini sudah banyak digemari oleh banyak orang. Rustic dapat di aplikasikan dalam berbagai bentuk furniture, namun kebanyakan diterapkan pada interior rumah seperti meja, kursi dan lain-lain.

Disini kita akan membahas apa sebenarnya rustic it. Dalam Bahasa inggris rustic merujuk pada kesederhanaan, nuansa pedesaan. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia rustic bias di artikan tua atau usang. Dalam seni dekorasi interior gaya rustic itu sendiri merujuk pada kesan alami namun terlihat klasik. Salah satu material yang dgunakan dalam gaya rustic adalah kayu.

Sejarah rustic wood sudah ada sejak abad ke 19. Padasaat itu, furniture ataupun produk kerajinan dari bahan kayu sedang sangat populer di tengah-tengah masyarakat, termasuk gaya rustic di dalamnya. Meskipun memiliki konsep usang dan sederhana, namun bukan berarti anda harus mencari kayu yang benar-benar sudah tua dan lapuk. Anda dapat menggunakan limbah kayu-kayu yang masih baru dan yang jauh lebih kuat, lalu dikombinasikan dengan teknik finishing staining maupun wood dye untuk menghasilkan kesan rustic. Jenis kayu yang biasa digunakan untuk konsep ini adalah kayu-kayu lunak atau soft wood, seperti, maple ataupun kayu pallet.

Ciri lain yang ada dari gaya rustic terletak pada warnanya. Kebanyakan orang lebih menyukai menggunakan warna coklat tua untuk menghadirkan kesan rustic, Padahal anda tetap bisa mengaplikasikan warna-warna lain seperti biru, hijau, putih atau kuning. Untuk warna-warna tersebut, tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan versi warna pastel atau warna yang lebih kalem. Dan jika anda ingin lebih mempertegas gaya rustic pada kerajinanan kayu lainnya, anda bisa mengkombinasikannya dengan tali rami atau botol kaca bekas, sesuai dengan kreatifitas anda.

Rustic wood dapat dijadikan berbagai macam keperluan furniture, atau jika anda merasa kerepotan untuk membuat furniture sendiri, anda masih tetap berkreasi dengan membuat beberapa dekorasi rumah seperti papan dekorasi yang berisi kata-kata motivasi atau hiasan meja dan dinding.

Arshiya Art Furniture
Warna Rustic
kenapa anda harus memilih rustic wood?

Mungkin banyak orang yang mempertanyaan hal tersebut. Keindahan dari gaya rustic wood tidak akan ketinggalan jaman. Selain itu, gaya rustic bisa dipadu dengan gaya lainnya seperti gaya modern, minimalis  bahkan vintage sekalipun. Tentunya memilih gaya rustic semuanya tergantung pada keinginan dan kreatifitas masing-masing anda, selama itu semua tidak berlebihan. anda harus menguingat bahwa konsep awal dari rustic yang lebih mengedepankan sesuatu yang sederhana. Tidak heran jika kita pergi ke suatu tempat, seperti bistro atau coffee shop yang mengusung gaya rustic wood, kita akan langsung disergap oleh suasana santai dan juga akrab. Karena kebanyakan mereka yang memilih konsep rustic adalah mereka yang mulai bosan dengan suasana formal dan kaku.

Bagi anda yang tinggal di kota besar, konsep rustic wood sangat cocok untuk diaplikasikan ke dalam hunian anda. Tidak ada salahnya bukan menjadikan rumah sendiri sebagai tempat untuk melepaskan penat dan lelah setelah seharian disergap oleh kekauan dan keformalan di tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *